Minggu, 12 Mei 2013

Unsur Kimia Baru


Ununseptium merupakan salah satu unsur kimia terbaru dari penemuan unsur sebelumnya, yaitu tiga elemen baru lainnya baru saja menyelesaikan proses dan mengisi tempat 110, 111, dan 112.
Ununseptium yang untuk sementara dinamai unsur ke 117 merupakan kombinasi antara isotop berkelium dan kalsium yang diciptakan para ilmuwan di Dubna, Rusia. Para fisikawan mengatakan bahwa unsur ini bisa menunjukkan “island of stability”, dimana unsur yang terberat bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Unsur dengan nomor atom 117 ini dibuat dengan cara memborbardir 249Bk dengan ion kalsium dalam siklotron JINR U4000 selama 150 hari yang terdapat di Dubna. Keseluruhan proses yang memakan waktu tidak lebih dari 320 hari yang merupakan waktu paruh unsur Bk (150 hari dalam siklotron+analisis data+review oleh tim peneliti) ini akhirnya berhasil menghasilkan 6 atom Ununseptium. Masing-masing dari keenam atom tersebut kemudian meluruh dengan memancarkan partikel alfa menjadi unsur bernomor atom 115 kemudian 113 sampai intinya terbelah menjadi dua atom yang lebih stabil. Unsur 113, 115, dan 118 juga termasuk Ununseptium telah disintesis di Institut Bersama Rusia untuk Riset Nuklir yang terletak di Dubna, Rusia. Tapi, penemuan itu belum dikonfirmasi Persatuan Internasional Kimia Murni dan Terapan. Tidak banyak yang diketahui tentang unsur-unsur tersebut. Pasalnya, mereka tidak cukup stabil untuk dilakukan percobaan dan tidak ditemukan di alam. Mereka disebut superberat atau unsur-unsur Transuranium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar